Diskusi Dwi Mingguan

Himpunan Mahasiswa Fakultas Syariah (Himafasa) merupakan badan pelaksana program kemahasiswaan yang secara koordinatif berada di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Himafasa bertujuan untuk membekali mahasiswa Fakultas Syariah dalam menunjang keterampilan afektif dan psikomotorik, selain kemampuan kognitif yang mahasiswa dapatkan pada mata kuliah. Kepengurusan Himafasa terdiri dari seorang ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara, serta departemen-departemen dan atau devisi bidang yang disepakati bersama.

Himafasa IAI Sunan Giri Bojonegoro memiliki agenda rutinan yakni diskusi dwi mingguan. Adapun kegiatan diskusi tersebut diselenggarakan setiap hari Rabu. Program ini bertujuan untuk mengembangkan wawasam keilmuan mahasiswa terkait perkembangan ekonomi syari’ah.

Menariknya, diskusi tersebut selalu mengangkat isu-isu terbaru yang memang sedang hangat diperbincangkan. Materi tersebut seputar ekonomi Islam, Kajian Fiqih, Akuntansi Syariah serta Hukum Bisnis Islam. Pun, pematerinya juga beragam, mulai dari Dekan Fakultas Syari’ah hingga dosen Hukum Ekonomi Syari’ah (HES).

Selain diskusi tentang materi yang kami sampaikan di atas, Himafasa juga memiliki diskusi unggulan, yakni ada Bengkel Ilmiah. Diskusi ini bertujuan mencetak sarjana Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) yang piawai dalam bidang kepenulisan Ilmiah. Melalui agenda rutin “Bengkel Ilmiah”, diharapkan mahasiswa mampu mengerjakan makalah, membuat artikel serta karya tulis ilmiah lainnya dengan baik dan benar. Tentunya sesuai dengan kriteria penulisan ilmiah.

Hal tersebut diagendakan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa HES IAI Sunan Giri Bojonegoro yang berwawasan dan memiliki daya saing literasi yang kuat. Pun, ketika diskusi dwi mingguan ini mahasiswa sangat antusias dalam mengikutinya. Hal ini dibuktikan dengan aula diskusi yang selalu dipenuhi mahasiswa HES.

Adapun beberapa contoh tema yang pernah dijadikan tema diskusi yakni, Manajemen Kinerja berbasis Maqasid Syariah pada Lembaga Keuangan Syariah, Peran Pemerintah dan Swasta dalam pengembangan Microfinance Syariah, Inovatif Islamic Entrepreneurship dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, Good Corporate Governance yang berlandaskan syariah bagi Institusi Keuangan Syariah, Bengkel Ilmiah, Meningkatkan Literasi Ilmiah Untuk Mahasiswa IAI Berkualitas, Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Motorik, Akademik dan emosional Mahasiswa, dan Pemberdayaan Kaum Perempuan dalam menunjang peningkatan Pendapatan Keluarga Perspektif Hukum Islam.

Melalui agenda rutin Himafasa, mayoritas mahasiswa HES sudah berani untuk memulai merintis sebuah usaha baru, seperti produksi masker, baju, hijab dan sebagainya. Pun adapula yang memproduksi camilan ringan. Agenda diskusi tersebut sangat bermanfaat guna menunjang keterampilan mahasiswa, guna mencetak enterpreneur Islam yang sukses, berwawasan, serta mampu survive dalam menjawab tantangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *